Friday, June 7, 2013

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemerintahan Parlementer


By on 11:58 AM

Sistem Pemerintahan Parlementer memang sering dianggap lebih baik dari pada sistem pemerintahan yang dianut oleh Indonesia. Tapi balik lagi kedalam dasar suatu negaranya, kelebihan dan kekurangan dalam suatu pemerintahan memang tidak lepas kaitannya dalam budaya yang membentuk sistem pemerintahan itu sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer


Berikut adalah Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer,

Kelebihan Sistem Pemerintahan Parlementer:
  1. Pembuat kebijakan dapat diambil secara cepat karena penyesuaian pendapat antara eksekutif dan legislative mudah terjadi. Hal ini disebabkan kekuasaan pada badan eksekutif dan badan legislative pasti berada pada satu partai atau koalisi partai.
  2. Koridor tanggung jawab dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan publik sangat jelas.
  3. Pengawasan dari parlemen sangat besar terhadap cabinet yang berkuasa sehingga kabinet menjadi sangat berhati-hati dalam menjalankan pemerintahan.
Kekurangan Sistem Pemerintahan Parlementer:
  1. Kedudukan badan eksekutif sangat bergantung pada dukungan parlemen sehingga sewaktu-waktu kabinet dapat dijatuhkan oleh parlemen.
  2. Keberlangsungan badan eksekutif tidak bisa ditentukan berakhir sesuai dengan masa jabatannya karena sewaktu-waktu kabinet dapat dibubarkan oleh parlemen.
  3. Sering juga kabinet bisa mengendalikan parlemen. Hal ini terjadi apabila anggota anggota kabinet adalah anggota parlemen dan berasal dari partai mayoritas. Oleh karena itu pengaruh mereka yang besar diparlemen dan partai maka anggota anggota cabinet pun dapat mengusai parlemen.
  4. Parlemen dapat menjadi tempat kaderisasi bagi jabatan-jabatan eksekutif beda halnya dengan system pemerintahan presidensial. Pengalaman mereka menjadi anggota parlemen akan sangat bermanfaat dan menjadi cikal bakal karakter yang penting untuk menjadi menteri atau jabatan eksekutif lainnya.
Sistem Pemerintahan Parlementer ini memang kurang akrab bagi rakyat Indonesia. Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial, yang sistemnya jelas berbeda dengan sistem pemerintahan parlementer.

Berikut adalah penjelasan tentang sistem pemerintahan indonesia dan sistem pemerintahan presidensial.




Ketemu Blog Ini Dari Google ya? :)

Pengen bisa kayak blog nuansa? Makanya, kalo mampir ke blog orang, kamu biasain share lewat facebook/twitter/G+, atau follow blognya, atau setidaknya comment di blognya. Lambat laun nanti blog kamu bakal dikenal google karena banyak jejak kamu dimana mana. Tapi kalo mau tau cara lebih cepet, hubungi nuansa aja di contact us. Tapi sebelumnya, tinggalin jejak dulu ya. :)

0 comments:

Post a Comment