Friday, June 7, 2013

Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Parlementer


By on 11:33 AM

Sistem pemerintahan parlementer adalah sistem pemerintahan di mana badan parlemen memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu pemerintahan dalam negara. (read more: Sistem Pemerintahan Parlementer)

Sistem Pemerintahan Parlementer


Kita dengan mudah dapat mengetahui sebuah negara yang menganut sistem ini, untuk lebih jelasnya berikut adalah ciri-ciri sistem pemerintahan parlementer:

  1. Perdana menteri adalah kepala pemerintahan dan Presiden/Raja adalah kepala negara.
  2. Eksekutif presiden ditunjuk oleh badan legislatif, sedangkan untuk presiden/raja diseleksi menurut undang-undang yang berlaku di negara tersebut.
  3. Perdana menteri memiliki hak prerogratif untuk mengangkat dan memberhentikan pejabat-pejabat(Menteri) yang memimpin departement dan non departement.
  4. Pejabat-pejabat(Menteri) hanya bertanggung jawab kepada kekuasaan legislatif.
  5. Kekuasaan eksekutif bertanggung jawab kepada kekuasaan legislatif.
  6. Kekuasaan eksekutif dapat dijatuhkan oleh legislatif.
Sistem Pemerintahan Parlementer memang sering dianggap lebih baik dari pada sistem pemerintahan yang dianut oleh Indonesia. Tapi balik lagi kedalam dasar suatu negaranya, kelebihan dan kekurangan dalam suatu pemerintahan memang tidak lepas kaitannya dalam budaya yang membentuk sistem pemerintahan itu sendiri.





Ketemu Blog Ini Dari Google ya? :)

Pengen bisa kayak blog nuansa? Makanya, kalo mampir ke blog orang, kamu biasain share lewat facebook/twitter/G+, atau follow blognya, atau setidaknya comment di blognya. Lambat laun nanti blog kamu bakal dikenal google karena banyak jejak kamu dimana mana. Tapi kalo mau tau cara lebih cepet, hubungi nuansa aja di contact us. Tapi sebelumnya, tinggalin jejak dulu ya. :)

0 comments:

Post a Comment