Friday, June 7, 2013

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemerintahan Indonesia


By on 10:00 AM

Sistem Pemerintahan Indonesia menganut Sistem Pemerintahan Presidensial. Dalam Sistem Pemerintahan Presidensial di Indonesia, Presiden memiliki posisi yang relatif kuat dan tidak dapat dijatuhkan begitu saja seperti misalkan rendahnya dukungan politik tidak akan membuat presiden dapat dilengserkan karena alasan tersebut. (read more: Sistem Pemerintahan Indonesia, Sistem Pemerintahan Presidensial).  Hal tersebut bisa menjadi suatu Kelebihan ataupun Kekurangan dalam Sistem Pemerintahan Indonesia.

Kekurangan dan Kelebihan Sistem Pemerintahan Indonesia



  1. Badan eksekutif (presiden) akan lebih stabil kedudukannya karena tidak tergantung pada parlemen.
  2. Masa jabatan badan eksekutif (presiden) mempunyai jangka waktu tertentu. Masa jabatan Presiden Indonesia adalah 5 tahun.
  3. Penyusun Program Kerja Kabinet akan lebih mudah karena dapat disesuaikan dengan jangka waktu semasa mereka menjabat.
  4. Legislatif bukan tempat kaderisasi calon jabatan eksekutif karena badan legislatif dapat diisi oleh orang luar bahkan anggota parlemen pun dapat masuk dalam badan legislatif.


  1. Kekuasaan eksekutif (presiden) diluar pengawasan langsung badan legislatif sehingga sangat memungkinkan dapat menciptakan kekuasaan yang mutlak pada eksekutif..
  2. Sistem pertanggungjawaban kurang jelas antara badan eksekutif legislatif kurang jelas, mungkin jelas secara tertulis, namun banyak masyarakat Indonesia sendiri pun masih bingung akan sistem pertanggungjawaban dalam sistem pemerintahan Indonesia.
  3. Pembuatan kebijakan publik seringkali adalah hasil tawar-menawar atau negoisasi antara eksekutif dan legislatif sehingga keputusannya seringkali terlihat tidak tegas, hanya mencari solusi diantara kekerasan kepala legislatif dan eksekutif.
  4. Pembuatan kebijakan memakan waktu yang lama karena prosesnya bertele-tele.
Memang Sistem Pemerintahan Presidensial tidak terlalu asing untuk kita sebagai warga negara Indonesia, karena memang pada dasarnya Sistem Pemerintahan Indonesia menganut sistem ini. Selain Sistem Pemerintahan Presidensial, ada juga negara yang menganut sistem pemerintahan yang lain, yaitu sistem pemerintahan parlementer.

Berikut Penjelasan tentang Sistem Pemerintahan Parlementer


Ketemu Blog Ini Dari Google ya? :)

Pengen bisa kayak blog nuansa? Makanya, kalo mampir ke blog orang, kamu biasain share lewat facebook/twitter/G+, atau follow blognya, atau setidaknya comment di blognya. Lambat laun nanti blog kamu bakal dikenal google karena banyak jejak kamu dimana mana. Tapi kalo mau tau cara lebih cepet, hubungi nuansa aja di contact us. Tapi sebelumnya, tinggalin jejak dulu ya. :)

0 comments:

Post a Comment